Beranda | Artikel
Memahami Penciptaan Siang dan Malam - Kitab Mausuah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Senin, 10 April 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah Agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Kajian kitab ini disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam pada Senin pagi, 13 Rajab 1438 / 10 April 2017, pukul 05:30-07:05 WIB di Radio Rodja dan Rodja TV. Pada kajian kali ini beliau menjelaskan tentang “Memahami Penciptaan Siang dan Malam” dari kitab Fiqh Al-Qulub.

Download dan simak juga rekaman kajian sebelumnya: Memahami Penciptaan Matahari dan Bulan – Ustadz Badursalam, Lc.

Ringkasan Kajian Kitab Fiqh Al-Qulub: Memahami Penciptaan Siang dan Malam

Allah di dalam AL-Quran seringkali menyebutkan penciptaan siang dan malam. Di antaranya Allah Ta’ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” (QS Al-Anbiya [21]: 33)

Allah Ta’ala juga berfirman:

اللَّهُ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَالنَّهَارَ مُبْصِراً إِنَّ اللَّهَ لَذُو فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَشْكُرُونَ

“Allahlah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya; dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyal karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” (QS Ghafir [40]: 61)

Allah Ta’ala yang telah menciptakan segala sesuatu, baik itu matahari, bulan, siang, dan malam. Dan itu semua merupakan keajaiban ayat-ayat Allah. Dan hal itu sering diulang-ulang di dalam Al-Quran dengan tujuan agar kita mau memperhatikan dan memahami kebesaranNya.

Kita harus mentadaburi penciptaan-penciptaan Allah tersebut dan semakin tunduk dan patuh kepadaNya.

Simak selengkapnya penjelasan mengenai pembahasan ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc. berikut ini. Semoga bermanfaat.

Simak dan Download Kajian Kitab Fiqh Al-Qulub: Memahami Penciptaan Siang dan Malam


Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lain. Barakallahufiikum


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/26522-memahami-penciptaan-siang-dan-malam-kitab-mausuah-fiqh-al-qulub-ustadz-badrusalam-lc/